Kamis

Jack Ma Mantan Guru Yang Jadi Pengusaha Sukses


Jack Ma Foto by wikipedia
Tiongkok - Jack Ma adalah nama baru dalam jajaran orang terkaya di dunia. Ma menjadi orang terkaya di Tiongkok setelah perusahaan e-commercenya Alibaba sukses memecahkan rekor penawaran saham perdana di dunia.

Alibaba berhasil meraup dana US$ 21,8 miliar pada debutnya, memecahkan rekor penawaran saham perdana di AS, yang sebelumnya dipegang Visa pada 2008. Hal ini menempatkan nama Ma di urutan ke-21 dalam daftar orang terkaya Bloomberg.

Kapitalisasi pasar Alibaba kini berada di angka US$ 231,4 miliar, lebih besar dari Amazon.com dan EBay digabung. Alibaba juga mengalahkan kapitalisasi Facebook dan JP Morgan Chase & Co.

Ma (50) adalah seorang mantan guru Bahasa Inggris yang memulai bisnis jual beli online di Tiongkok dengan modal hanya US$ 60.000, sekarang memiliki kekayaan total US$ 28,7 miliar.

Ma pertama kali mengenal komputer pada umur 33 tahun dan mengaku Ma upah pertama kali yang ia terima sebesar US$ 20 per bulan.

Bisnis internet pertama Ma adalah China Yellowpages yang didirikan pada tahun 1995. Mesin uangnya, Alibaba, didirikan pada tahun 1999. Kini Alibaba telah memiliki 79 juta anggota dari 240 negara.

Di Tiongkok terdapat 632 juta pengguna internet dan jumlah tersebut bisa membengkak menjadi 850 juta pada 2015. Dari jumlah tersebut, Alibaba memiliki pelanggan aktif sekitar 279,8 juta. Alibaba mencatat pendapatan US$ 8,46 miliar di kuartal pertama tahun ini, sementara laba semester satu naik tiga kali lipat ke US$ 1,99 miliar.

Ma mengaku setelah menjadi orang terkaya di Tiongkok dirinya merasa tidak bahagia karena merasakan banyak tekanan. Meski demikian, Ma memiliki caranya sendiri supaya bisa bahagia dan sukses dalam bisnis. Ma selalu percaya sifat jujur, optimis dan membuat orang lain bahagia adalah kunci dalam sukses berbisnis.

Penulis: Faisal Maliki Baskoro/FMB / Beritasatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon berkomentar yang sopan dan santun

Contact Us

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *